SILABUS MATA KULIAH
PROGRAM PASCASARJANA (S2)
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
A. Informasi Umum
Mata Kuliah : Manajemen dan Kepemimpinan Kurikulum
Jenis Mata Kuliah : Mata Kuliah Keahlian (MKK)
Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam
Bobot : 2 SKS
B. Deskripsi dan Tujuan Mata Kuliah
Dalam riset-riset internasional tentang manajemen dan kepemimpinan Pendidikan, manajemen dan kepemimpinan Kurikulum merupakan salah satu factor utama dalam kesuksesan Sekolah. Penataan Kurikulum termasuk di dalamnya proses pembelajaran adalah sebuah keharusan untuk mencapai hasil belajar siswa yang tinggi. Oleh karena itu, mahasiswa MPI pada PPS UIN Suska ini akan dibekali dengan pengetahuan yang cukup dan keterampilan yang memadai untuk mengembangkan sendiri manajemen dan kepemimpinan Kurikulum, khususnya Kurikulum dalam konteks Pendidikan Islam. Mahasiswa menguasai konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam dan proses pengembangannya. Mereka mampu memahami teoriteori pembelajaran mutakhir dan juga diharapkan mampu menata dan memimpin upaya peningkatan Kurikulum dan pembelajarannya. Mereka akan dipandu untuk menguasai konsepkonsep penilaian Kurikulum untuk peningkatan.
C. Pokok Bahasan
1. Konsep Kurikulum Pendidikan Islam
2. Inovasi Kurikulum
3. Teori-teori belajar dan pembelajaran modern
4. Multiple Intelligence dalam Kurikulum
5. KBK dan KTSP
6. Proses pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam
7. Merencanakan inovasi kurikulum dan pembelajaran
8. Target dan standar kualitas dalam kurikulum
9. Implementasi kurikulum dan pembelajaran
10. Evaluasi kurikulum dan hasil belajar
11. Peningkatan kurikulum dan proses pembelajaran
12. Pengembangan SDM berorientasi peningkatan kurikulum
13. Kurikulum dan Teacher Leadership
14. Kurikulum dan Action Research
15.
D. Penilaian
Penilaian dilakukan atas:
1. Aktifitas dan kontribusi mahasiswa dalam seminar di kelas
2. Penugasan berupa makalah analitis individu sebanyak 3000 kata
3. Ujian semester
E. Referensi
Blase, J., & Blase, J. (2000). Effective Instructional Leadership: Teachers' Perspectives on How Principals Promote Teaching and Learning in Schools. Journal of Educational Administration, 38(2), 130-141. Gardner, H. (1993). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (2nd ed.). London: Fontana. Hill, P. W. (2001). Teaching and School Effectiveness. Melbourne: DEET of Victoria. Hill, P. W. (2002). What All Principals Should Know About Teaching and Learning. In M. S. Tucker & J. B. Codding (Eds.), The Principal Challenge (pp. 43-75). San Francisco: Jossey-Bass. Kelly, A. V. (1980). Ideological Constraints on Curriculum Planning. In V. Kelly (Ed.), Curriculum Context. London: Harper & Row. Lahui-Ako, B. (2001). The Instructional Leadership Behaviour of Papua New Guinea High School Principals. Journal of Educational Administration, 39(3), 233-265. Marsh, C. J., & Willis, G. (1999). Curriculum: Alternative Approaches, Ongoing Issues (2nd ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Raihani. (2001). Curriculum Construction in the Indonesian Pesantren. Unpublished Masters, The University of Melbourne, Melbourne. Suparno, P. (2000). Teori Inteligensi Ganda Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah. In A. Atmadi & Y. Setyaningsih (Eds.), Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Yogyakarta: Kanisius. Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Illinois: University of Chicago Press. Wiles, J., & Bondi, J. (1998). Curriculum Development: A Guide to Practice (5th ed.). New Jersey: Merril Publishing. Zepeda, S. J. (2004). Instructional Leadership for School Improvement. New York: Eye on Education. Al-Attas, S. M. N. (Ed.). (1979). Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdulaziz University. Al-Faruqy, I. R. (1982). Islamization of Knowledge: General Principles and Workplan. Washington: International Institute of Islamic Thought. Muhaimin, Suti'ah, & Ali, N. (2001). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: Rosda Karya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar