Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMA N
1 Sungai Apit
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : X (Sepuluh) /
Gasal
Materi Pokok : Asma’ul Husnah
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit (3 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI-2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerja sama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan
dunia.
B.
TujuanPembelajaran
Diharapkan siswa mampu:
1.
Menjelaskan makna Asmaul
Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan
al-akhiir )
2.
Menunjukkan contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh
pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
3.
Menunjukkan sikap yang mencerminkan: keluhuran budi,
kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
4.
Menceritakan kisah teladan yang
mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan
berperilaku adil.
C. Kompetensi Dasar
3.5. Memahami
makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).
4.3.Berperilaku
yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal
dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
D.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mampu menjelaskan makna Asmaul
Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan
al-akhiir )
2.
Mampu menunjukkan contoh perilaku: keluhuran
budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
3.
Mampu menunjukkan sikap yang mencerminkan:
keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku
adil.
4.
Mampu menceritakan kisah teladan yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian,
member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min,
al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
2.
Contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh
pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
3. Sikap yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian,
member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
4. Kisah teladan yang
mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan
berperilaku adil.
F.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Praktik
G. Media Pembelajaran
Alat : - Al-Qur'an dan terjemahnya
- Hadits Imam Buchory dan Muslim
- LCD
- Lap top
H. Sumber Belajar
1.
Al Quran terjemahan Departemen Agama RI dan hadits Imam Buchory dan Muslim
2.
Buku Pendidikan
Agama Islam Kurikulum 2013
3.
Internet
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an dan terjemahnya
c. Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
d. Memberikan
motivasi tentang pentingnya menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
e.
Menanyakan materi yang pernah
diajarkan dengan mengaitkan materi yang akan diajarkan
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
· Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna(
al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir ).
·
Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
b.
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
· Mengapa Allah memiliki nama yang begitu
banyak?
· Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam
terkait nama-nama Allah yang indah itu?
c.
Mengumpulkan data/Mengexplorasi
·
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin,
al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir ).
· Guru mengamati perilaku keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
·
Guru
berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a. Pendidik meminta agar para peserta didik
sekali lagi membaca Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin,
al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )sebagai
penutup materi pembelajaran.
b. Pendidik
meminta agar para peserta didik membiasakan membaca dan menghafal Asmaul
Husna
a.
Pendidik menanyakan tentang proses
belajar
b.
Pendidik menugaskan
membuat presentasi tentang biografi Rasulullah dan Khulafaurrasyidin yang
dikaitkan dengan pengamalan Asmaul Husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin,
al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
c.
Pendidik menginformasikan rencana
pembelajaran selanjutnya dengan membagi 7 kelompok a kelompok 5 siswa
d.
Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan doa.
e.
Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam.
|
25
menit
|
Pertemuan
ke 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an dan terjemahnya
c. Peserta
didik menyiapkan lap top dan LCD serta bahan yang akan dipresentasikan
d. Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e. Memberikan
motivasi tentang pentingnya menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
f. Melanjutkan materi yang diajarkan pada
pertemuan pertama
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengumpulkan
data/explorasi
f.
Peserta didik mendiskusikan biografi Rasulullah dan Khulafaurrasyidin yang
dikaitkan dengan pengamalan Asmaul Husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin,
al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
·
Guru
mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil
melalui lembar pengamatan di sekolah.
· Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil
di rumah.
b. Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang Iman
Kepada Allah melalui Asmaul Husna
c. Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan
hasil diskusi tentang Iman
Kepada Allah melalui Asmaul Husna
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Pendidik meminta
agar para peserta didik sekali lagi membaca Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil,
al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan
al-akhiir ) sebagai penutup materi
pembelajaran.
b.
Pendidik meminta
agar para peserta didik membiasakan membaca dan menghafal Asmaul Husna
c.
Pendidik menanyakan tentang proses
belajar
d.
Pendidik menugaskan membuat cerita
singkat tentang tokoh di Indonesia yang sudah berbuat dan mengamalkan
sebagian dari asmaul husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin,
al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
e.
Pendidik menginformasikan rencana
pembelajaran selanjutnya
f.
Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan doa.
g.
Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam.
|
25
menit
|
Pertemuan
ke 3
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an dan terjemahnya
c. Peserta
didik menyiapkan lap top dan LCD serta bahan yang akan dipresentasikan sesuai
dengan tugas masing-masing
d. Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e. Memberikan
motivasi tentang pentingnya menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
f.
Melanjutkan materi yang diajarkan
pada pertemuan kedua
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengumpulkan data/explorasi
· Masing-masing peserta didik mempresentasikan
tokoh dari Indonesia yang sudah mengamalkan sebagian dari Asmaul Husa sesuai
dengan yang ditugaskan
· Guru mengamati perilaku keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
· Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil di rumah.
b.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang Iman
Kepada Allah melalui Asmaul Husna
c. Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil
diskusi tentang Iman Kepada
Allah melalui Asmaul Husna
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Pendidik meminta
agar para peserta didik sekali lagi membaca Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil,
al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan
al-akhiir ) sebagai penutup materi
pembelajaran.
b.
Pendidik meminta
agar para peserta didik membiasakan menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
c.
Pendidik menanyakan tentang proses
belajar apakah menyenangkan atau tidak
d.
Pendidik menginformasikan rencana
pembelajaran selanjutnya
e.
Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan doa.
f.
Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam.
|
25
menit
|
J.
Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·
Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil)
Observasi
· Mengamati
teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal
dan perilaku adil di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat melalui
lembar pengamatan
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi diskusi
-
Sikap yang ditunjukkan saat pelaksanaan
diskusi dan kerja kelompok
a.
Proses
LEMBAR PENGAMATAN PROSES
PEMBELAJARAN
No
|
Nama
Siswa
|
Keterampilan Proses
|
Nilai
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Eksplorasi
|
Asosiasi
|
Komunikasi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian
Diri
Petunjuk: Isilah dengan tanda (v)
sesuai dengan kenyataan dan pengalaman kalian secara jujur!
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama
: ……………
Kelas
: ……………
No
|
Kriteria
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Saya
tidak suka berbohong
|
|
|
2.
|
Saya
tidak suka berkata-kata kotor
|
|
|
3.
|
Saya
tidak suka mencemooh/menghina teman
|
|
|
4.
|
Saya
tidak pernah mengecewakan/melawan orang tua
|
|
|
5.
|
Saya
selalu sabar jika didzolimi orang lain
|
|
|
6.
|
Saya
tidak gampang terpengaruh orang lain
|
|
|
7.
|
Saya
tidak suka tawuran dan pergaulan bebas
|
|
|
8.
|
Saya
tidak suka teman yang mempengaruhi orang lain untuk berbuat perbuatan tercela
|
|
|
9.
|
Saya tidak akan menghajar orang yang
menghina teman saya
|
|
|
10.
|
Saya suka bekerja keras
|
|
|
11.
|
Saya selalu berdoa kepada Allah
sebelum melakukan sesuatu
|
|
|
12.
|
Saya selalu meminta yang terbaik
kepada Allah setelah mendirikan shalat
|
|
|
13.
|
Saya tidak mau memecah belah umat
|
|
|
14.
|
Saya menghargai perbedaan dalam
kehidupan
|
|
|
15.
|
Saya selalu berusaha untuk adil
|
|
|
Jumlah (a,b)
|
|
|
|
Jumlah skor
(ax2)+(bx1)
|
|
||
Nilai ((Jml
Skor:30)x100)
|
|
Portofolio
·
Membuat
paparan analisis dari hasil observasi tentang perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
Tes
tulis
·
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang Asmaul Husna (
al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,al-‘adl dan al-akhiir )
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Jelaskan makna al-Kariim!
|
Al-karim artinya maha mulia
|
2.
|
Jelaskan makna al-Mu’min!
|
Al-mumin artinya maha memberi
keamanan
|
3.
|
Jelaskan makna al-Wakiil!
|
Al-wakiil artinya maha
menggantikan/mewakili
|
4.
|
Jelaskan makna al-Matiin!
|
Al-matiin artinya maha kokoh
|
5.
|
Jelaskan makna al-Jaami’!
|
Al-jami artinya maha
mengumpulkan
|
6.
|
Jelaskan makna al-‘Adl!
|
Al-adl artinya maha adil
|
7.
|
Jelaskan makna al-akhir!
|
Al-akhir artinya maha
akhir/belakangan
|
Tes
lisan
·
Mempresantasikan hasil diskusi
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sungai Apit
Masdar, S.Pd
NIP. 19650526 200501 1 004
|
|
Sungai Apit, 11 Agustus 2014
Guru Mata PAI
Drs. Suluri, M.Pd.I
NIP.
19680607 200701 1 008
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar