Pertemuan ke 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
2.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.
Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
4.
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
5.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
ü Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
ü Mencermati isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
b.
Menanya
ü Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10,
ü Menanyakan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10, serta hadits terkait.
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung
pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10;
ü Menganalisis isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10;
d.
Asosiasi
Membuat
kesimpulan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10
e.
Komunikasi.
ü Menpresentasikan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10
ü Menyampaikan hasil diskusi tentang isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 serta hadits terkait.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
ü Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10 dalam shalat;
ü Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
ü Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25 menit
|
Pertemuan ke 3
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
2.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.
Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
4.
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
5.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
ü Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
ü Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media pembelajaran
lainnya.
b.
Menanya
ü Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10,
ü Menanyakan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10, serta hadits terkait.
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung
pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10;
ü Menganalisis manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8):
72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49):
12, dan Ukhuwah
pada QS. al-Hujurat (49): 10;
d.
Asosiasi
ü Membuat
kesimpulan manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8):
72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49):
12, dan Ukhuwah
pada QS. al-Hujurat (49): 10;
e.
Komunikasi.
ü Menpresentasikan manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8):
72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49):
12, dan Ukhuwah
pada QS. al-Hujurat (49): 10;
ü Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat dan hikmah
sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 serta hadits terkait.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
ü Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10 dalam shalat;
ü Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
ü Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25 menit
|
A.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Tes (tulis)
NO.
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
Identifikasikan hukum bacaan tajwid dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49): 10
|
|
2
|
Jelaskan isi kandungan yang terdapat dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49): 10
|
1)
Isi Kandungan Qs. Al-Anfal:72 berisi perintah
untuk hijrah dan berjihad.
2)
Isi Kandungan Qs. Al Hujurat: 12 berisi larangan
untuk berprasangka buruk, mencari kesalahan orang lain dan menggunjing
3)
Isi Kandungan Qs. Al Hujurat: 10 berisi perintah
untuk saling bersaudara.
|
3
|
Jelaskan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah
an-nafs) !
|
Tidak tergesa-gesa dalam menghadapi sesuatu
|
4
|
Jelaskan manfaat dan hikmah dari prasangka baik (husnuzzhan)
!
|
Terhindar dari berburuk sangka,
akan selalu dihargai dan dihormati orang lain.
|
5
|
Jelaskan manfaat dan hikmah dari persaudaraan (ukhuwah) !
|
1) Mewujudkan
persaudaraan,
2) Menjaga persatuan dan kesatuan
3) Menebarkan sifat rahmat bagi
sesama manusia.
4) Hidup menjadi mudah.
|
2.
Tes Lisan
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
|
Jumlah
|
NILAI
|
||
0 -100
|
0 – 100
|
0 – 100
|
||||
Kelancaran
|
Ketepatan
Tajwid
|
Irama
Tartil
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
·
Tugas : mengidentifikasi
manfaat dan hikmah perilaku kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan
(ukhuwah);
·
Observasi
(mengamati perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) terhadap teman sejawat atau orang lain;
·
Portofolio
(tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik).
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sungai Apit
Masdar, S.Pd
NIP. 19650526 200501 1 004
|
|
Sungai Apit, 11 Agustus 2014
Guru Mata PAI
Drs. Suluri, M.Pd.I
NIP.
19680607 200701 1 008
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar