Rabu, 27 Agustus 2014

RPP KONTROL DIRI PERTEMUAN KE 2

Pertemuan ke 2

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.      Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
4.      Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
5.      Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
ü  Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10.
ü  Mencermati isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10.

b.    Menanya
ü  Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10,
ü  Menanyakan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10, serta hadits terkait.
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü  Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;
ü  Menganalisis isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;

d.    Asosiasi
Membuat kesimpulan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10

e.    Komunikasi.
ü  Menpresentasikan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10
ü  Menyampaikan hasil diskusi tentang isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.

100  menit
3.
Penutup
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dalam shalat;
ü  Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
ü  Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


25 menit


Pertemuan ke 3

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.      Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
4.      Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
5.      Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
ü  Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10.
ü  Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b.    Menanya
ü  Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10,
ü  Menanyakan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10, serta hadits terkait.
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü  Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;
ü  Menganalisis manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8): 72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49): 12, dan Ukhuwah pada QS. al-Hujurat (49): 10;

d.    Asosiasi
ü  Membuat kesimpulan manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8): 72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49): 12, dan Ukhuwah pada QS. al-Hujurat (49): 10;

e.    Komunikasi.
ü  Menpresentasikan manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8): 72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49): 12, dan Ukhuwah pada QS. al-Hujurat (49): 10;
ü  Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.

100 menit
3.
Penutup
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dalam shalat;
ü  Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
ü  Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


25 menit

A.      Penilaian Hasil Belajar

1.      Tes (tulis)

NO.
Soal
Kunci Jawaban
1
Identifikasikan hukum bacaan tajwid dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10

2
Jelaskan isi kandungan yang terdapat dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10
1)      Isi Kandungan Qs. Al-Anfal:72 berisi perintah untuk hijrah dan berjihad.
2)      Isi Kandungan Qs. Al Hujurat: 12 berisi larangan untuk berprasangka buruk, mencari kesalahan orang lain dan menggunjing
3)      Isi Kandungan Qs. Al Hujurat: 10 berisi perintah untuk saling bersaudara.
3
Jelaskan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah an-nafs) !
Tidak tergesa-gesa dalam menghadapi sesuatu
4
Jelaskan manfaat dan hikmah dari prasangka baik (husnuzzhan) !
Terhindar dari berburuk sangka,
akan selalu dihargai dan dihormati orang lain.

5
Jelaskan manfaat dan hikmah dari persaudaraan (ukhuwah) !
1)      Mewujudkan persaudaraan,
2)      Menjaga persatuan dan kesatuan
3)      Menebarkan sifat rahmat bagi sesama manusia.
4)      Hidup menjadi mudah.

2.      Tes Lisan

No
Nama Siswa
Aspek
Jumlah
NILAI
0 -100
0 – 100
0 – 100
Kelancaran
Ketepatan Tajwid
Irama Tartil
1






2






3






4






5






6








·         Tugas : mengidentifikasi manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah);

·         Observasi (mengamati perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) terhadap teman sejawat atau orang lain;

·         Portofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik).

    


Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sungai Apit


Masdar, S.Pd
NIP. 19650526 200501 1 004

Sungai Apit, 11 Agustus 2014
Guru Mata PAI



Drs. Suluri, M.Pd.I
NIP. 19680607 200701 1 008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar