RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
Satuan Pendidikan : SMA……………
Kelas / Semester : X / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Semangat
Menuntut Ilmu.
Alokas
Waktu : 3 X 45 Menit (1 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti :
(K1) : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.7. Memahami Q.S. At-Taubah (9):122 dan hadits terkait
tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5. Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam
semangat mencari ilmu.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mampu menyebutkan keutamaan menuntut ilmu.
2. Mampu menjelaskan isi kandungan Q.S. At-Taubah (9) : 122
dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan
nya kepada sesama.
3. Menyebutkan makna dan contoh semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman
kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
D. TujuanPembelajaran
Diharapkan siswa mampu:
1. Menyebutkan keutamaan menuntut ilmu.
2. Menjelaskan isi kandungan Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait
tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
3. Menyebutkan makna dan contoh semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman
kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Semangat menuntut ilmu
dan menyampaikannya kepada sesama
2.
Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadis terkait tentang
semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikan kepada sesama;
3.
Sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya
kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-taubah (9) : 122 dan
hadis terkait.
F.
Model dan MetodePembelajaran
a.
Model
Pembelajaran : Inkuiri
b.
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik
G.
Media dan Alat Pembelajaran
a. Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power Point, al-Qur’an
Digital
b.
Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD
H. Sumber Belajar
a.
Al Quran terjemahan Departemen Agama RI dan buku-buku hadits
b.
Buku Pendidikan
Agama Islam Kurikulum 2013
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan
mengucapkan basmalah dan kemudian
berdoa bersama.
b. Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.
Secara bersama
bertadarus al-Qur’an (selama 5-10
menit)
d.
Menjelaskan secara singkat
materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta
indikator yang akan dicapai.
e. Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Mencermati bacaan teks tentang Q.S.
At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama
·
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio
atau media lainnya.
b.
Menanya (memberi stimulus agar
peserta didik bertanya)
·
Mengapa harus menuntut
ilmu?
·
Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama?
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
·
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi
pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
·
Guru mengamati perilaku
contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada
sesama melalui lembar pengamatan di sekolah.
·
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada
sesama di rumah.
d.
Asosiasi
Membuat kesimpulan tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
e.
Komunikasi.
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
sebagai penutup
materi pembelajaran;
b.
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
c.
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas
dan peserta didik menjawab salam.
|
25 menit
|
J.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Jenis : Perbuatan dan tulis
2.
Bentuk : Produk
3.
Prosedur Penilaian
:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu penilaian
|
1
|
Sikap
|
Non Tes
(Pengamatan)
|
Proses KBM
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Setelah KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Non Tes
(Pengamatan)
|
Di luar KBM
|
4.
Instrumen Tes
Tugas
·
Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikan nya kepada sesama)
Observasi
· Peserta
didik melakukan pengamatan terhadap
perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya
kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait
melalui lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
Portofolio
·
Melaporkan
hasil obervasi berupa paparan tentang
makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama;
·
Membuat paparan analisis tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikannya
kepada sesama.
Tes
Tertulis
No
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
||
2.
|
||
3
|
||
4.
|
Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|||||
2.
2
|
Amir
|
|||||
3.
3
|
Umar
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan :
Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Sungai Apit, 3 Desember 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar