Pertemuan
ke 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Membuka pelajaran
dengan berdoa
b. Membaca Al Quran ayat pilihan
c. Menjelaskan tujuan pelajaran
yang akan dilakukan
d. Melakukan appersepsi
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut
:
a. Mengamati
- Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24):2 serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina melalui
tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b. Menanya
- Menanyakan
tentang cara membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan
Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait.
- Menanyakan
hukum bacaan tajwid Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan
Q.S. An-Nur (24): 2
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi
- Mendiskusikan
sebab-sebab larangan dalam pergaulan bebas dan perbuatan zina
- Mendiskusikan
manfaat dan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
d. Mengasosiasi
- Membuat
kesimpulan tentang cara membaca Q.S. Al-Isra’
(17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait.
-
Membuat kesimpulan tentang manfaat dan larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina
e. Mengkomunikasikan:
- Mempraktikkan
cara membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits yang terkait
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang sebab-sebab, manfaat dan hikmah mengapa pergaulan bebas
dan perbuatan zina dilarang oleh agama islam.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
5. Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam.
|
25 menit
|
J. Lembar Penilaian
1.
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang
perilaku berpegang teguh kepada
al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad).
2.
Observasi
- Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
- Mengamati perilaku
orang-orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad
3.
Portofolio
-
Membuat paparan tentang kedudukan dan fungsi
al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.
Tes tulis
- Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits,
dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
5.
Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan perilaku berpegang teguh
kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis dan menanggapinya
Lembar Soal
1.
Tes Tulis
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Jelaskan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32,) !
|
Ayat ini menjelaskan tentang larangan
berbuat zina !
|
2.
|
Jelaskan isi kandungan Q.S. An-Nur (24 !): 2
|
Ayat ini menjelaskan tentang hukuman
bagi orang yang berzina
|
3.
|
Jelaskan mengapa pergaulan bebas
dan perbuatan zina dilarang!
|
Karena merusak martabat manusia dan bisa meresahkan
masyarakat serta tergolong perbuatan dosa
|
4.
|
Jelaskan manfaat dilarangnya
pergaulan bebas dan zina!
|
Karena bisa menjaga
kehormatan manusia dan menghindari penyakit.
|
2.
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No
|
Nama Peserta
didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
·
Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sungai Apit
Masdar, S.Pd
NIP. 19650526 200501 1 004
|
|
Sungai Apit, 11 Agustus
2014
Guru Mata PAI
Drs. Suluri, M.Pd.I
NIP. 19680607 200701 1 008
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar