Rabu, 27 Agustus 2014

RPP SUMBER HUKUM ISLAM


Pertemuan ke 2
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Membuka  pelajaran  dengan  berdoa
b.      Membaca  Al Quran ayat  pilihan
c.       Menjelaskan tujuan  pelajaran  yang  akan  dilakukan
d.      Melakukan  appersepsi


15  menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :
a.    Mengamati
-   Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24):2 serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b.    Menanya
-       Menanyakan tentang cara membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits terkait.
-       Menanyakan hukum bacaan tajwid Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan sebab-sebab larangan dalam pergaulan bebas dan perbuatan zina
-       Mendiskusikan manfaat dan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
d.    Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan tentang cara membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits terkait.
-          Membuat kesimpulan tentang  manfaat dan larangan pergaulan bebas dan   perbuatan zina   
e.    Mengkomunikasikan:
-       Mempraktikkan cara membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits yang terkait
-       Menyampaikan hasil diskusi tentang sebab-sebab, manfaat dan hikmah mengapa pergaulan bebas dan perbuatan zina dilarang oleh agama islam.

100  menit

3.
Penutup
  1. Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits yang terkait  sebagai penutup materi pembelajaran;
  2. Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits yang terkait
  3. Pendidik meminta agar salah satu dari peserta didik membacakan kesimpulan dari Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina
  4. Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
5.      Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

25  menit

J.      Lembar Penilaian
1.   Tugas
-          Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad).
2.   Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-       Mengamati perilaku orang-orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad
3.   Portofolio
-       Membuat paparan tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.   Tes tulis
-  Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan  uraian tentang  kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
5.   Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis dan menanggapinya

Lembar Soal
1.    Tes Tulis

No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32,) !
 Ayat ini menjelaskan tentang larangan berbuat zina !
2.
Jelaskan isi kandungan Q.S. An-Nur  (24 !): 2
Ayat ini menjelaskan tentang  hukuman bagi orang yang berzina
3.
Jelaskan mengapa pergaulan bebas dan perbuatan zina dilarang!
Karena merusak martabat manusia dan bisa meresahkan masyarakat serta tergolong perbuatan dosa
4.
Jelaskan manfaat dilarangnya pergaulan bebas dan zina!
 Karena bisa menjaga kehormatan manusia dan menghindari penyakit.


2.    Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1.           1
Amar





2.           2
Amir





3.           3
Umar





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                               Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E


Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sungai Apit



Masdar, S.Pd
NIP. 19650526 200501 1 004

Sungai Apit, 11 Agustus 2014
Guru Mata PAI




Drs. Suluri, M.Pd.I
NIP. 19680607 200701 1 008



Tidak ada komentar:

Posting Komentar