RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Sunga Apit
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Kontrol
diri, Prasangka baik dan Ukhuwah
Alokas Waktu : 9 X 45 Menit (3 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS.
Al-Hujurat (49) : ,
dan QS.Al-Hujurat (49) : 10 ; serta hadits tentang
control diri (Mujahadah an- nafs), prasangka baik (Husnuzzhan) dan persaudaraan (al-Ukhuwah)
3.2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (Mujahadah an-nafs),
prasangka baik (Husnuzzhan), dan
persaudaraan (al-Ukhuwah).
4.1.1 Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12,
dan QS. Al-Hujurat (49) : 10.
C. Indikator PencapaianKompetensi
1. Menganalisis isi
kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10 ; serta hadits tentang
control diri (Mujahadah an- nafs), prasangka baik (Husnuzzhan) dan persaudaraan (al-Ukhuwah)
2. Memahami manfaat dan
hikmah kontrol diri (Mujahadah an-nafs), prasangka baik (Husnuzzhan), dan persaudaraan (al-Ukhuwah).
3. Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
- Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) 72, QS.
Al-Hujurat (49) : 12, dan QS. Al-Hujurat (49) : 10.
D. TujuanPembelajaran
1. Menganalisis isi
kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10 ; serta hadits tentang
control diri (Mujahadah an- nafs), prasangka baik (Husnuzzhan) dan persaudaraan (al-Ukhuwah)
2. Memahami manfaat dan
hikmah kontrol diri (Mujahadah an-nafs), prasangka baik (Husnuzzhan), dan persaudaraan (al-Ukhuwah).
3. Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4. Mendemonstrasikan
hafalan QS. Al-Anfal (8) 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12, dan QS. Al-Hujurat (49)
: 10.
E.
Materi Pembelajaran
a.
Dalil al-Qur’an
-
QS. Al-Anfal (8) : 72
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang ber-iman dan berhijrah serta berjihad de-ngan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan
orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi perto-longan (kepada
Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada
kewajiban sedikit pun bagimu melin-dungi
mereka, sampai mereka berhij-rah. (Tetapi) jika mereka meminta
pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan
pertolongan kecuali ter-hadap kaum yang telah terikat perjan-jian antara kamu
dengan mereka. Dan Allah
Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
-
QS.
Al-Hujurat/49 : 10
Artinya :
orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah
(perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah,
supaya kamu mendapat rahmat.
-
QS.
Al-Hujurat/49 : 12
Artinya
: “Hai
orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena
sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang
dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang
suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik
kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima
taubat lagi Maha Penyayang”
b.
Hikmah Mujahadah
An-Nafs (Kontrol Diri)
o
Tidak tergesa –
gesa melakukan sesuatu.
Mujahadah al-nafs adalah perjuangan sungguh-sungguh atau jihad
melawan egoisme (nafsu
pribadi). Rasulullah bersabda :
قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا
الْجِهَادُ اْلأَكْبَرِ؟ قاَلَ اَلْجِهَادُ فِى النَّفْسِ
Artinya : “Telah kembalilah kita dari sebuah perlawanan yang kecil (perang
Badar dengan orang Kaum Kafir Quraisy waktu itu), menuju peperangan yang agung,
bertanyalah para sahabat: Ya Rasulallah, apa yang engkau maksudkan peperangan
yang besar, rasul menjawab: Perang melawan hawa nafsu”.
c. Hikmah Prasangka Baik
1) Percaya
diri
2) Meningkatkan
focus.
3) Lebih
sukses dalam hidup
4)
Akan selalu
dihargai dan dihormati orang lain.
d. Hikmah Ukhuwah
1) Mewujudkan
persaudaraan,
2) Menjaga persatuan dan kesatuan
3) Menebarkan sifat rahmat bagi sesama
manusia.
4) Hidup menjadi mudah.
F.
Model dan MetodePembelajaran
a.
Model
Pembelajaran : Inkuiri
b.
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik
G.
Media dan Alat Pembelajaran
a. Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power Point, al-Qur’an
Digital
b. Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD
H. SumberBelajar
1. Tafsir al-Qur’an dan buku-buku hadits
2. Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
3. Buku pegangan siswa PAI
SMA/SMK kelas X
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
2.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.
Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
4.
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
5.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
ü Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
ü Mencermati kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
b.
Menanya
ü Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10,
ü Menanyakan kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10, serta hadits terkait.
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü Mengidentifikasi kaidah tajwid dan makharijul huruf
dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10;
ü Menganalisis kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10;
d.
Asosiasi
Membuat
kesimpulan kaidah tajwid dan makharijul huruf
dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10
e.
Komunikasi.
ü Menpresentasikan kaidah tajwid dan makharijul huruf
dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10
ü Menyampaikan hasil diskusi tentang kaidah tajwid dan
makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 serta hadits terkait.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
ü Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat
(49): 10 dalam shalat;
ü Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
ü Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
20 menit
|
Pertemuan ke 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar