PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Konsep dan Penerapannya Semester : X/ 2 Kompetensi : Al-Qur’an Standar Kompetensi : 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis
Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung
dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam
kehidupan sehari-hari
Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
3
2
3
3
3
3
2
2
2
8
7
8
Aspek : Aqidah
Standar Kompetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat
3
3
3
3
2
2
8
8
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu
Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
Mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
Mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias.
Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan
Mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.
Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.
3
3
3
2
2
2
3
3
3
8
8
8
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 10. Menghindari Perilaku Tercela
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
Mampu menjelaskan pengertian hasad
Mampu menjelaskan pengertian riya.
Menjelaskan pengertian riya.
Menjelaskan pengertian diskriminasi
Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
Mampu menghindari perilaku hasad.
Mampu menghindari perilaku riya.
Mampu menghindari perilaku aniaya.
Mampu menghindari perilaku diskriminasi
3
3
3
3
3
3
2
2
2
8
8
8
Aspek : Fiqih
Standar Kompetensi : 11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf
Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.
2
2
2
2
2
3
2
2
2
6
6
7
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : 12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
2
2
3
3
2
2
7
7
JUMLAH
75
SUNGAI APIT, 20 FEBRUARI 2011 GURU MATA PELAJARAN
Drs. SULURI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar