Minggu, 06 Maret 2011

KKMX112

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Konsep dan Penerapannya Semester : X/ 2 Kompetensi : Al-Qur’an Standar Kompetensi : 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM



Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38

 Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
 Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.

Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38

 Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
 Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis
Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung
dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam
kehidupan sehari-hari

 Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
 Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38

3


2



3

3


3



3


2


2



2

8


7



8


Aspek : Aqidah
Standar Kompetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
 Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
 Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
 Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
 Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
 Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
 Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat
3



3

3



3

2



2

8



8


Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji.

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.
 Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
 Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
 Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
 Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu
Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
 Mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
 Mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias.
 Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan
 Mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.
Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
 Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
 Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
 Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
 Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.
3


3



3


2


2



2
3


3



3

8


8



8

Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 10. Menghindari Perilaku Tercela

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
 Mampu menjelaskan pengertian hasad
 Mampu menjelaskan pengertian riya.
 Menjelaskan pengertian riya.
 Menjelaskan pengertian diskriminasi
Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
 Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
 Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
 Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
 Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
 Mampu menghindari perilaku hasad.
 Mampu menghindari perilaku riya.
 Mampu menghindari perilaku aniaya.
 Mampu menghindari perilaku diskriminasi
3

3


3



3

3


3

2

2


2

8

8


8


Aspek : Fiqih
Standar Kompetensi : 11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf
 Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
 Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
 Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
 Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
 Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
 Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.

2


2


2
2


2


3
2


2


2
6


6


7
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : 12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
 Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
 Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
 Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
 Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
2


2
3


3
2


2
7


7

JUMLAH



75
SUNGAI APIT, 20 FEBRUARI 2011 GURU MATA PELAJARAN

Drs. SULURI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar