PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Konsep dan Penerapannya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
1.1 Membaca QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
1.2 Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar.
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
• Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32
1.3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
• Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
• Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3 3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
2.1 Membaca QS Al Isra: 26–27 dan QS Al-Baqarah: 177
• Mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.2 Menjelaskan arti QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
• Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.3 Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
• Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
• Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul- rasul Allah.
Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah
Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-
rasul Allah
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3 3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan berperilaku terpuji
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja`
• Mampu menjelaskan pengertian taubat
• Mampu menjelaskan pengertian raja’
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`
• Mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat
• Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari
Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
3
3
3
3
3
3 3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2 8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
5.1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
• Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
• Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
Menjelaskan macam-macam jual beli.
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
• Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : : 6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
• Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan
6.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
• Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
2
2
2
2
3
3
7
7
Standar Kompetensi : 12. Memahami perkembangan Islam di dunia.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
,
Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
• Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
• Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.
• Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.
2
2
2
2
2
2
3
3
3
7
7
7
JUMLAH
2,6
2,6
2,3
7,5
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Konsep dan Penerapannya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
1.4 Membaca QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
1.5 Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar.
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
• Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32
1.6 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
• Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
• Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
2.1 Membaca QS Al Isra: 26–27 dan QS Al-Baqarah: 177
• Mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.4 Menjelaskan arti QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
• Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.5 Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
• Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah
Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-
rasul Allah
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3 2
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
2
2
2
2 8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan berperilaku terpuji
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja`
• Mampu menjelaskan pengertian taubat
• Mampu menjelaskan pengertian raja’
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`
• Mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat
• Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari
Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
3
3
3 3
3
3 2
2
2 8
8
8
Standar Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
5.1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
• Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
• Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
Menjelaskan macam-macam jual beli.
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
• Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
3
3
3
3
3
3
2
2
2
8
8
8
Standar Kompetensi : : 6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
• Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan
6.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
• Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
3
3
3
3
3
3
7
7
7
7
7
7
Standar Kompetensi : 12. Memahami perkembangan Islam di dunia.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
,
Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
• Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
• Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.
• Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.
2
2
2
2
2
2
3
3
3
7
7
7
JUMLAH
2,6
2,6
2,3
7,5
SUNGAI APIT, 20 FEBRUARI 2011 GURU MATA PELAJARAN
Drs. SULURI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar