Minggu, 06 Maret 2011

KKMXI12

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Konsep dan Penerapannya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

1.1 Membaca QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
1.2 Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar.
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
• Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32
1.3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
• Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
• Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.


3
3
3
3
3
3
3
3

3
3

3 3
3
3
3
3
3
3
3

3
3

3 2
2
2
2
2
2
2
2

2
2

2
8
8
8
8
8
8
8
8

8
8

8








Standar Kompetensi : : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa


Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

2.1 Membaca QS Al Isra: 26–27 dan QS Al-Baqarah: 177
• Mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.2 Menjelaskan arti QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
• Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.3 Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
• Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
• Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul- rasul Allah.
Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah
Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-
rasul Allah
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
3
3
3

3
3
3

3
3

3
3
3
3

3
3
3


3
3
3 3
3
3

3
3
3

3
3

3
3
3
3

3
3
3


3
3
3 2
2
2

2
2
2

2
2

2
2
2
2

2
2
2


2
2
2

8
8
8

8
8
8

8
8

8
8
8
8

8
8
8


8
8
8




Standar Kompetensi : 4. Membiasakan berperilaku terpuji

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja`
• Mampu menjelaskan pengertian taubat
• Mampu menjelaskan pengertian raja’
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`
• Mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat
• Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari
Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.



3
3
3
3
3

3 3
3
3
3
3

3 2
2
2
2
2

2 8
8
8
8
8

8

Standar Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah

.

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


5.1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
• Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
• Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.


Menjelaskan macam-macam jual beli.


5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
• Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa

3
3
3
3
3
3
3
3
3
3

3
3
3
3
3
3
3
3
3
3

2
2
2
2
2
2
2
2
2
2

8
8
8
8
8
8
8
8
8
8




Standar Kompetensi : : 6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )


Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
• Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan
6.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
• Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
2


2



2


2
3


3
7


7




















Standar Kompetensi : 12. Memahami perkembangan Islam di dunia.


Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
,
Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
• Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
• Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia

Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.
• Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.

2


2


2
2


2


2
3


3


3
7


7


7

JUMLAH
2,6
2,6
2,3
7,5















PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Konsep dan Penerapannya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi :

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

1.4 Membaca QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
1.5 Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar.
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar
• Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah : 148 dan Al Fatir : 32
1.6 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
• Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
• Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
• Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.






3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3


3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3






2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2






8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8











Standar Kompetensi : : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa


Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

2.1 Membaca QS Al Isra: 26–27 dan QS Al-Baqarah: 177
• Mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.4 Menjelaskan arti QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
• Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.5 Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
• Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah
Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-
rasul Allah
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
3
3
3

3
3
3

3
3
3

3
3
3

3
3
3

3
3
3
3
3
3

3
3
3

3
3
3

3
3
3

3
3
3

3
3
3 2
3
3

3
3
3

3
3
3

3
3
3

3
3
2

2
2
2 8
8
8

8
8
8

8
8
8

8
8
8

8
8
8

8
8
8




Standar Kompetensi : 4. Membiasakan berperilaku terpuji



Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja`
• Mampu menjelaskan pengertian taubat
• Mampu menjelaskan pengertian raja’
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`
• Mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat
• Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari
Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.



3


3

3 3


3

3 2


2

2 8


8

8

Standar Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah

.

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


5.1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
• Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
• Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
Menjelaskan macam-macam jual beli.

5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
• Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa

3



3


3


3



3


3
2



2


2
8



8


8


Standar Kompetensi : : 6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )


Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
• Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan
6.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
• Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
2
2
2
2
2
2



2
2
2
2
2
2
3
3
3
3
3
3
7
7
7
7
7
7






















Standar Kompetensi : 12. Memahami perkembangan Islam di dunia.


Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
,
Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
• Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
• Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia

Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.
• Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.

2


2


2
2


2


2
3


3


3
7


7


7

JUMLAH
2,6
2,6
2,3
7,5

SUNGAI APIT, 20 FEBRUARI 2011 GURU MATA PELAJARAN

Drs. SULURI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar