Minggu, 06 Maret 2011

KKMXII12

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Konsep dan Penerapannya Semester : XII / 1 Kompetensi : Al-Qur’an Memahami ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Anjuran Bertoleransi

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
 Mampu membaca QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
 Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
 Mampu mengartikan per-kata QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
 Mampu mengartikan per-ayat QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164.
 Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164
Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164

 Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
 Menerapkan Al Quran surat Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK
3
3
3
2
2
2
2
3

3
3 3
3
3
3
3
3
3
3

3
3 2
2
2
2
2
2
2
2

2
2 8
8
8
7
7
7
7
8

8
8

Standar Kompetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada hari akhir
• Menjelaskan pengertian hari akhir
• Menjelaskan pengertian keimanan kepada hari akhir
• Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada hari akhir
Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir
• Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir
• Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
3
3
3
3
3
3
3 3
3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2
2 8
8
8
8
8
8
8




Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji.


Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan

 Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan

 Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan.
Mampu menunjukkan contoh perilaku kerukunan
Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari

 Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari..
 Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan 3
3
3
3

3
3 2
2
2
2

2
2 3
3
3
3

3
3 8
8
8
8

8
8



Standar Kompetensi : 10. Menghindari perilaku tercela.

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
• Mampu menjelaskan pengertian isyrof
• Mampu menjelaskan pengertian tabzir
• Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
• Mampu menjelaskan pengertian fitnah

Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

• Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
• Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
• Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
• Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah

Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari

• Mampu menghindari perilaku isyraf.
• Mampu menghindari perilaku tabzir
• Mampu menghindari perilaku ghibah
• Mampu menghindari prilaku fitnah
• Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah


3
3
3

3
3
3
3
3
3
3
3


3
3
3

3
3
3
3
3
3
3
3
2
2
2

2
2
2
2
2
2
2
2
8
8
8

8
8
8
8
8
8
8
8

Standar Kompetensi : 11. . Memahami hukum Islam tentang Waris

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
 Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
 Mampu menjelaskan tentang ahli waris
 Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris
 Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
 Memperagakan cara-cara menghitung pembagian
warisan secara Islam




2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
6
6
6
6
6
6

Standar Kompetensi : 12. Memahami perkembangan Islam di dunia.

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.

Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
• Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
• Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia

Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.
• Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.

2
2
2
2
2

2
2
2
3
3
3
3
3

3
3
3
2
2
2
2
2

2
2
2
7
7
7
7
7

7
7
7
JUMLAH 7,5

SUNGAI APIT, 20 FEBRUARI 2011 GURU MATA PELAJARAN

Drs. SULURI


PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Konsep dan Penerapannya Semester : XII / 2 Kompetensi : Al-Qur’an Memahami ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Anjuran Bertoleransi

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
 Mampu membaca QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
 Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
 Mampu mengartikan per-kata QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
 Mampu mengartikan per-ayat QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164.
 Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164
Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164

 Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
 Menerapkan Al Quran surat Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK
3
3
3
2
2
2
2
3

3
3 3
3
3
3
3
3
3
3

3
3 2
2
2
2
2
2
2
2

2
2 8
8
8
7
7
7
7
8

8
8

Standar Kompetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadar

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
• Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
• Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
• Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
• Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
• Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
3
3
3
3
3
3
3 3
3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2
2 8
8
8
8
8
8
8



Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji.


Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM

Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan

 Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan

 Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan.
Mampu menunjukkan contoh perilaku kerukunan
Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari

 Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari..
 Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan 3
3
3
3

3
3 2
2
2
2

2
2 3
3
3
3

3
3 8
8
8
8

8
8



Standar Kompetensi : 10. Menghindari perilaku tercela.

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
• Mampu menjelaskan pengertian isyrof
• Mampu menjelaskan pengertian tabzir
• Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
• Mampu menjelaskan pengertian fitnah

Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

• Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
• Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
• Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
• Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah

Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari

• Mampu menghindari perilaku isyraf.
• Mampu menghindari perilaku tabzir
• Mampu menghindari perilaku ghibah
• Mampu menghindari prilaku fitnah
• Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah


3
3
3

3
3
3
3
3
3
3
3


3
3
3

3
3
3
3
3
3
3
3
2
2
2

2
2
2
2
2
2
2
2
8
8
8

8
8
8
8
8
8
8
8

Standar Kompetensi : 11. . Memahami hukum Islam tentang Waris

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
 Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
 Mampu menjelaskan tentang ahli waris
 Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris
 Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
 Memperagakan cara-cara menghitung pembagian
warisan secara Islam




2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
6
6
6
6
6
6

Standar Kompetensi : 12. Memahami perkembangan Islam di dunia.

Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM


1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.

Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
• Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
• Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia

Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.
• Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.

2
2
2
2
2

2
2
2
3
3
3
3
3

3
3
3
2
2
2
2
2

2
2
2
7
7
7
7
7

7
7
7
JUMLAH 7,5

SUNGAI APIT, 20 FEBRUARI 2011 GURU MATA PELAJARAN

Drs. SULURI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar