PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Konsep dan Penerapannya Semester : XII / 1 Kompetensi : Al-Qur’an Memahami ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Anjuran Bertoleransi
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
Mampu membaca QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
Mampu mengartikan per-kata QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
Mampu mengartikan per-ayat QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164.
Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164
Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
Menerapkan Al Quran surat Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK
3
3
3
2
2
2
2
3
3
3 3
3
3
3
3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2
2
2
2
2 8
8
8
7
7
7
7
8
8
8
Standar Kompetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada hari akhir
• Menjelaskan pengertian hari akhir
• Menjelaskan pengertian keimanan kepada hari akhir
• Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada hari akhir
Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir
• Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir
• Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
3
3
3
3
3
3
3 3
3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2
2 8
8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan.
Mampu menunjukkan contoh perilaku kerukunan
Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari..
Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan 3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2 3
3
3
3
3
3 8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : 10. Menghindari perilaku tercela.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
• Mampu menjelaskan pengertian isyrof
• Mampu menjelaskan pengertian tabzir
• Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
• Mampu menjelaskan pengertian fitnah
Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
• Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
• Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
• Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
• Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah
Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menghindari perilaku isyraf.
• Mampu menghindari perilaku tabzir
• Mampu menghindari perilaku ghibah
• Mampu menghindari prilaku fitnah
• Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : 11. . Memahami hukum Islam tentang Waris
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
Mampu menjelaskan tentang ahli waris
Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris
Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
Memperagakan cara-cara menghitung pembagian
warisan secara Islam
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
6
6
6
6
6
6
Standar Kompetensi : 12. Memahami perkembangan Islam di dunia.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
• Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
• Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.
• Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.
2
2
2
2
2
2
2
2
3
3
3
3
3
3
3
3
2
2
2
2
2
2
2
2
7
7
7
7
7
7
7
7
JUMLAH 7,5
SUNGAI APIT, 20 FEBRUARI 2011 GURU MATA PELAJARAN
Drs. SULURI
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Konsep dan Penerapannya Semester : XII / 2 Kompetensi : Al-Qur’an Memahami ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Anjuran Bertoleransi
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
Mampu membaca QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
Mampu mengartikan per-kata QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
Mampu mengartikan per-ayat QS Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164.
Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164
Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
Menerapkan Al Quran surat Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK
3
3
3
2
2
2
2
3
3
3 3
3
3
3
3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2
2
2
2
2 8
8
8
7
7
7
7
8
8
8
Standar Kompetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadar
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
• Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
• Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
• Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
• Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
• Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
3
3
3
3
3
3
3 3
3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2
2 8
8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan.
Mampu menunjukkan contoh perilaku kerukunan
Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari..
Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan 3
3
3
3
3
3 2
2
2
2
2
2 3
3
3
3
3
3 8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : 10. Menghindari perilaku tercela.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
• Mampu menjelaskan pengertian isyrof
• Mampu menjelaskan pengertian tabzir
• Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
• Mampu menjelaskan pengertian fitnah
Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
• Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
• Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
• Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
• Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah
Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
• Mampu menghindari perilaku isyraf.
• Mampu menghindari perilaku tabzir
• Mampu menghindari perilaku ghibah
• Mampu menghindari prilaku fitnah
• Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
Standar Kompetensi : 11. . Memahami hukum Islam tentang Waris
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
Mampu menjelaskan tentang ahli waris
Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris
Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
Memperagakan cara-cara menghitung pembagian
warisan secara Islam
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
6
6
6
6
6
6
Standar Kompetensi : 12. Memahami perkembangan Islam di dunia.
Kompetensi Dasar / Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Saran
Pendukung Intake
Siswa
KKM
1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
• Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia
• Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
• Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.
• Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.
2
2
2
2
2
2
2
2
3
3
3
3
3
3
3
3
2
2
2
2
2
2
2
2
7
7
7
7
7
7
7
7
JUMLAH 7,5
SUNGAI APIT, 20 FEBRUARI 2011 GURU MATA PELAJARAN
Drs. SULURI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar